Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantah Omongan Soal Mental Bebek, Politisi PDIP Ini Minta Loyalis Ganjar Cek Prestasi Bambang Pacul

Selasa, 12 Oktober 2021 15:32 WIB
Anggota Komisi I DPR Dede Indra Permana Soediro (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi I DPR Dede Indra Permana Soediro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi I DPR Dede Indra Permana Soediro membantah tudingan loyalis Ganjar Pranowo yang juga Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo, yang menyebut kepemimpinan Bambang Wuryanto melahirkan kader bermental bebek dan babu.

Faktanya, kata Dede, saat dipimpin Bambang Wuryanto, PDIP di Jawa Tengah (Jateng) justru menorehkan banyak prestasi elektoral.

Dede yang juga Wakil Bendahara DPD PDIP Jateng mengatakan, perolehan 42 kursi dari total 120 kursi di DPRD Jateng periode 2019-2024, terjadi di era kepemimpinan Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul.

"Di Pemilu Legislatif 2019, PDIP hanya menargetkan 36 kursi di DPRD Jateng. Namun pada akhirnya, berhasil meraup 42 kursi. Hasil ini tidak mungkin diraih, jika struktur dan mesin pemenangan partai tidak solid," kata Dede, Selasa (12/10).

Perolehan kursi tersebut juga naik signifikan dibanding Pemilu Legislatif 2014. Saat itu, PDIP memperoleh 27 dari total 100 kursi DPRD Jateng.

Baca juga : Bantu Tangani Covid, Polda Metro Gelar Vaksinasi Di Cisauk Tangerang

"Di bawah kepemimpinan Bambang Pacul, Jateng juga menyumbangkan 26 kursi PDIP dari total 77 kursi di DPR untuk Dapil Jateng pada Pemilu Legislatif 2019. Jumlah ini melebihi target,  karena semula hanya mengincar 23 kursi," ungkapnya.

Tak hanya itu, PDIP Jateng juga meraih hasil gemilang di Pilkada Serentak 2020. Dari 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada di Jateng, PDIP menang di 17 daerah.

Hal itu juga semakin menegaskan Jateng sebagai “kandang banteng”.

Yang tak kalah penting, kemenangan Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng 2013 dan 2018 juga terwujud karena barisan partai solid dan tegak lurus menjalankan rekomendasi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Saat itu, semua kader PDI Perjuangan mulai dari struktur partai, anggota DPRD, hingga kepala daerah bergotong royong untuk memenangkan Ganjar Pranowo.

Baca juga : Bantu Atasi Pandemi, Politisi PDIP Serahkan Ribuan APD Ke Polres Metro Bekasi

Tidak sedikit sumbangan moril maupun materiil yang dikeluarkan.

Karenanya Dede meminta Albertus Sumbogo yang juga Ketua DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Purworejo melihat perkembangan prestasi elektoral di Jateng dari kenaikan kursi, baik di legislatif maupun di eksekutif.

Dia juga berharap Sumbogo tertib dalam berorganisasi, karena saat ini  Ketua Umum PDIP belum menentukan siapa yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Menurut dia, seharusnya seorang kader, terlebih masuk dalam struktur partai selalu berkoordinasi dan tidak terjebak dalam arus di luar garis partai.

"Bagaimanapun Pak Sumbogo terikat di kepengurusan partai. Langkah, sikap, dan tindakan hendaknya tegak lurus dengan struktur di atasnya. Sehingga tidak masuk dalam ambisi pribadi seseorang," tandasnya.

Baca juga : Partai Prima Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Dan Bansos

Dede menyebut, ambisi politik seseorang tidak selalu tercermin dari kata-kata yang diucapkan. Namun akan lebih terlihat dari langkah dan perbuatan di lapangan.

"Orang boleh mengatakan tidak mikir Capres, tidak mau. Tapi, jika masyarakat menginginkan, dia bersedia. Kemudian bergerak melalui tangan orang lain. Biasa orang berpolitik seperti itu," paparnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.