Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Modus Korupsi Proyek Bupati Banjarnegara

Bikin Perusahaan Boneka..., Sopir Ditunjuk Jadi Direktur

Rabu, 15 September 2021 07:00 WIB
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono diduga mendirikan perusahaan boneka untuk memonopoli proyek. Sopir ditunjuk menjadi direktur di perusahaan itu.

Hal ini terkuak dalam penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai proyek Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tahun 2017-2018. Budhi menjadi tersangka kasus ini dan telah ditahan.

Baca juga : Bupati Banjarnegara Wajibkan Kontraktor Pake Peralatan Proyek Dari PT Bumi Rejo

Penyidik lembaga antirasuah ikut memeriksa Mistar, sopir PT Bumi Redjo. Perusahaan itu milik Budhi. Mistar juga menjabat Direktur Utama di PT Sutikno Tirta Kencana.

Mistar dikorek mengenai sejumlah proyek yang diikuti PT Sutikno Tirta Kencana. Juga dikonfirmasi mengenai sejumlah bukti yang ditemukan penyidik. “Sekaligus dilakukan penyitaan atas barang bukti,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri.

Baca juga : Bupati Banjarnegara Tantang KPK Buktikan Penerimaan Uang

Barang bukti yang disita merupakan dokumen proyek-proyek yang pernah digarap PT Sutikno Tirta Kencana periode 2017-2018.

Berdasarkan penelurusan, perusahaan itu pernah menjadi pemenang proyek peningkatan ruas Jalan Banjarmangu-Linggamerta senilai Rp 15,07 miliar.

Baca juga : Sebut Penjahit, Bupati Banjarnegara Minta Maaf Ke Luhut Dan Warga Tapanuli

PT Sutikno Tirta Kencana menyingkirkan 35 pesaing yang ikut lelang di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

PT Sutikno Tirta Kencana tidak memiliki website resmi. Informasi perusahaan ini hanya dilansir website indokontraktor.com. Nama pemilik perusahaan itu tidak dicantumkan. Hanya ada informasi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.