Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diungkap Bamsoet

Akidi Tio Pamannya Mendag Singapura

Sabtu, 31 Juli 2021 08:24 WIB
Keluarga Akidi Tio saat menyerahkan sumbangan secara simbolis sebesar Rp 2 triliun di Polda Sumatera Selatan, Senin (26/7). (Foto: Istimewa)
Keluarga Akidi Tio saat menyerahkan sumbangan secara simbolis sebesar Rp 2 triliun di Polda Sumatera Selatan, Senin (26/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Karena bikin penasaran, siapa Akidi Tio, pengusaha yang nyumbang Rp 2 triliun untuk penanggulangan Corona, masih terus dikorek-korek. Ketua MPR Bambang Soesatyo yang biasa disapa Bamsoet, punya info yang lumayan detail. Kata Bamsoet, Akidi adalah pamannya Menteri Perdagangan (Mendag) Singapura. 

Akidi Tio sebenarnya sudah meninggal 12 tahun lalu. Namanya jadi perbincangan publik setelah keluarga besarnya menyalurkan sumbangan Rp 2 triliun di Mapolda Sumatera Selatan, Senin (26/7). Sejak saat itu, publik pun penasaran dengan sosok Akidi. Sebab, namanya tidak pernah terdengar. Dalam daftar orang terkaya di Indonesia juga, namanya tak pernah muncul.

Eks Menteri BUMN Dahlan Iskan, yang juga pengusaha, sampai ikut menelusuri sosok Akidi dengan bertanya ke teman-teman sesama pengusaha di Palembang dan Aceh. Namun, hasilnya nihil. 

Baca juga : Panglima TNI Mendatang Jangan Dari Hasil Lobi Politik

Di tengah kepenasaran publik, Bamsoet sedikit mengungkap sosok Akidi. Di akun Instagram miliknya, Bamsoet memajang foto Akidi dan menceritakan riwayatnya. Tak dijelaskan bagaimana Bamsoet mendapat informasi ini. 

"Patut ditiru oleh kita semua. Ini dia sosok dermawan itu," tulis Bamsoet, memberikan pengantar, di akun @bambang.soesatyo. 

Bamsoet lalu melampirkan kisah hidup Akidi. Kata dia, Akidi merintis usahanya di Palembang dengan membuka usaha kecap, kemudian mempunyai pabrik kecap. Setelah itu, Akidi merambah menjadi pengusaha tambang batu dolomit, bahan pembuat pupuk. 

Baca juga : Kabar Duka, Bupati Lembata Eliaser Meninggal Dunia

Usahanya maju dan memiliki kelenteng di Sepuluh Ulu dan beberapa tempat di Palembang. "Dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim," ungkapnya. 

Kata Bamsoet, sejak dulu, Akidi Tio hidup di keluarga Thong Djoe. Ia adalah pengusaha China Palembang yang kaya di era Soekarno. "(Dia) pamannya Menteri Perdagangan Singapura," ungkapnya. 

Sayangnya, Bamsoet tak menjelaskan siapa Menteri Perdagangan yang dimaksud. Apakah Mendag saat ini yaitu Chan Chun Sing atau Mendag sebelumnya yaitu Lim Hng Kiang. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.