Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Vaksinasi RI Sudah Capai Sepertiga Sasaran, Nomor 4 Tertinggi Di Asia

Senin, 13 September 2021 22:04 WIB
Vaksinasi untuk pelajar. (Foto: Patra/RM)
Vaksinasi untuk pelajar. (Foto: Patra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 73,8 juta orang Indonesia tercatat telah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. Dengan demikian, program vaksinasi nasional telah menjangkau sepertiga sasaran vaksinasi. Pemerintah memastikan akan terus berkomitmen untuk memperkuat pasokan serta mempercepat vaksinasi secara nasional. 

Hingga Senin (13/9) pukul 18.00 WIB, dari 73,8 juta penerima vaksin, 42,32 juta orang di antaranya telah mendapatkan dua kali suntikan dosis alias dosisi lengkap. Dengan demikian, program vaksinasi nasional telah menjangkau 35,45 persen target secara nasional, yakni 208,26 juta sasaran. 

"Sudah lebih dari sepertiga sasaran vaksinasi yang mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19. Hal ini merupakan buah dari kerja sama semua pihak, termasuk masyarakat luas. Pemerintah mengharapkan kerja sama ini bisa terus diperkuat sehingga cakupan vaksinasi bisa lebih maksimal," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, dalam keterangan yang diterima RM.id, Senin (13/9). 

Baca juga : Salurkan Bantuan Subsidi Upah, Bank Mandiri Optimalkan Jaringan Di Daerah

Berkat capaian tersebut, Indonesia menjadi negara dengan realisasi penyuntikan vaksin terbanyak ke-4 di Asia. Hanya kalah dari China, India, dan Jepang. Johnny memastikan, Pemerintah berkomitmen penuh untuk terus melanjutkan percepatan vaksinasi hingga target 208 juta suntikan dapat tercapai. 

“Pemerintah berkomitmen untuk terus mempercepat dan memperkuat pelaksanaan program vaksinasi nasional. Keberhasilan program ini sangat berperan penting dalam keberhasilan pengendalian pandemi dan proses transmisi menuju endemi di Indonesia. Tentunya, vaksinasi ini tetap harus dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin,” jelasnya. 

Sekjen Partai NasDem ini mengungkapkan, saat ini pemerintah akan berfokus menggenjot vaksinasi untuk kelompok lansia dan remaja. Tercatat, realisasi vaksinasi untuk kelompok masyarakat lansia baru mencapai 26,43 persen untuk dosis 1 dan 18,73 persen untuk dosis 2. Sementara itu, realisasi vaksinasi kelompok remaja mencapai 11,83 persen untuk dosis 1 dan 8,12 persen untuk dosis 2.

Baca juga : Dibilang Takjub Dengan Situasi Covid RI, Seperti Apa Penanganan Corona Di Malaysia?

Johnny menjelaskan, vaksinasi untuk kelompok lansia sangat penting karena kelompok tersebut memiliki tingkat kematian akibat Covid-19 cukup tertinggi. Di sisi lain, vaksinasi untuk kelompok masyarakat usía 12-17 tahun juga perlu dipercepat untuk mendukung kelancaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas secara aman. 

Pemerintah, sambung Johnny, terus berupaya keras agar target vaksinasi 2 juta dosis per hari dapat tercapai. Untuk mencapai angka tersebut, diperlukan dukungan dari semua pihak, khususnya masyarakat umum.

"Ayo segera lakukan vaksinasi, bagi yang belum. Sementara, bagi yang sudah divaksin, jangan ragu untuk ajak orang tua, keluarga, sanak saudara, dan orang di lingkungan sekitar untuk sama-sama peduli dan melindungi dengan mengikuti vaksinasi," seru Johnny. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.