Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Arus Balik, TNI-Polri Siapkan Swab Test

Selasa, 11 Mei 2021 15:44 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memperkirakan, 1,6 juta orang akan kembali ke Jakarta usai Lebaran. Mengantisipasinya, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya merumuskan strategi pengamanan arus balik dan mengantisipasi adanya kerumunan.

Strategi itu dirumuskan saat Fadil menggelar rapat koordinasi dengan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman di Mapolda Metro Jaya, Selasa (11/5).

Baca juga : Antisipasi Pemudik Nakal, Kemenhub Siapkan Posko Pengendalian Tansportasi

"Kita sepakati seperti melaksanakan kolaborasi dengan BNPB dan Pemprov DKI Jakarta untuk memperkuat bandara, stasiun, pelabuhan, dan rest area yang dijadikan sarana dan prasarana untuk kembali setelah pelaksanaan mudik," ujar Fadil.

Selain itu, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya juga akan menyiapkan swab antigen. Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur untuk memastikan warga yang kembali ke Jakarta sudah mengantongi surat swab negatif Covid-19.

Baca juga : Ajang Kompetisi Inovasi Kelistrikan Ditutup 24 Mei, PLN Siapkan Hadiah Satu Miliar

"Pemudik yang kembali harus memiliki surat swab antigen atau PCR. Kemudian akan dilakukan swab antigen di lokasi titik penyekatan dan check point secara sukarela," tuturnya.

Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga akan dikerahkan melakukan pendataan kepada masyarakat yang hendak balik ke Jakarta. Nantinya, mereka akan disiapkan swab antigen dan didistribusikan ke seluruh Polres, Polsek, Kodam, juga Koramil.

Baca juga : Polri Siapkan 333 Titik Penyekatan Di Operasi Ketupat 2021

"Kami sepakat tadi bahwa nanti ada swab antigen mobile. Masyarakat bisa mengontak Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Kemudian Pangdam juga tadi sudah memerintahkan agar seluruh Koramil membuka layanan swab antigen," beber eks Kapolda Jatim ini.

Pengamanan operasi arus balik mudik  akan diperkuat keamanan dari berbagai personel. Sekitar 8.000 personel dikerahkan oleh kepolisian. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.